Pojok Ulasan : Anak Panah Kopi Semarang


Sumber : https://www.instagram.com/p/BayNYGAlDbM/
Hai readers...
Saat ini kedai kopi menjadi bagian penting dari ritme hidup beberapa orang. Ada yang menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi setiap hari, ada pula yang menjadikannya tempat refreshing untuk menghilangkan penat di akhir pekan. Kedai kopi saat ini sangat mudah dijumpai, mulai dari kedai kopi tradisional sampai yang berbasis coffee shop modern. Kali ini saya ingin sedikit memberi ulasan berdasarkan pengalaman saya mengunjungi salah satu coffee shop modern di Kota Semarang, yaitu Anak Panah Kopi. Coffee shop ini terletak di
Jalan MT. Haryono 681, Semarang. Coffee shop ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-03.00 WIB. Cukup panjang ya waktu bukanya, kamu bisa datang di pagi hari untuk coffee morning, ngopi di jam makan siang, atau malah nongkrong bersama teman-teman di malam hari karena waktu bukanya yang cukup panjang. Saya berkunjung ke coffee shop ini bersama teman-teman kampus saya di akhir pekan, kami terbilang awam di dunia kopi. Tujuan kami karena penasaran dan ingin mencoba bagaimana rasanya kopi ala cafe. Beberapa teman saya yang punya rasa penasaran tinggi memesan minuman berbasis kopi. Selebihnya memutuskan untuk memesan minuman manis non-kopi sebagai teman nongkrong dan ngobrol kami sore itu.
Salah satu teman saya dan Coffee Latte pesanannya
Sumber : Dokumen Pribadi Herlina Vega R.







Untuk tempatnya, coffee shop ini terlihat kecil dari luar, namun saat masuk ke dalam ternyata cukup luas. Aroma kopi akan begitu terasa saat pertama kali memasuki coffe shop ini. Kamu bisa memesan langsung di kasir, kemudian memilih tempat duduk yang tersedia. Pesananmu akan diantarkan ke meja. Coffee shop ini mengusung tema seperti coffee shop pada umumnya, dominasi warna coklat dan krem sangat terasa di setiap sudut ruangan. Furniture kayu juga mendominasi setiap meja dan kursi di coffee shop ini. Disalah satu dinding ruangan terdapat photo booth yang berupa lukisan dinding unik yang dapat dijadikan spot foto oleh para pelanggan.

Menu yang disediakan oleh coffe shop ini tentunya didominasi oleh beragam jenis kopi. Mulai dari yang berbasis ko espresso, americano, frappe, latte, afogatto, dan masih banyak varian lainnya. Kopi yang jadi ciri khas dan best seller di coffee shop ini adalah Es Kopi Maling Susu, nama yang cukup unik. bagi yang tidak terlalu suka dengan pahitnya kopi, tenang saja, Anak Panah kopi juga menyediakan varian berbasis non-kopi seperti Greentea Latte, Red Velvet, Chocolate Mint, Cream Cookies, dan beberapa varian rasa lainnya. Tersedia dalam hot maupun ice. Selain minuman, coffee shop ini juga menyediakan menu breakfast, lunch, dinner, bahkan juga tersedia dessert untuk menemani kopi kamu. 

Karena saya dan teman-teman datang pada sore hari, kami memesan beberapa varian minuman dan croissant. Saya sendiri memesan Ice Greentea Latte yang dibandrol dengan harga 28 ribu rupiah. Tak lupa saya juga memesan Chocolate Croissant ukuran large yang dibandrol dengan harga 15 ribu rupiah. Sedangkan teman-teman saya ada yang memesan Iced Red Velvet, Ice Chocolate Mint, dan Ice Cream Cookies yang berbasis non-kopi. Harganya mulai dari 25-28 ribu rupiah. Sedangkan teman saya yang lain memesan minuman berbasis kopi, yaitu Affogatto (25K), Coffee Latte (25K), dan Es Kopi Maling Susu yang merupakan best seller di Anak Panah Kopi.

Untuk rasa, kita akan membahas satu persatu pesanan saya dan teman-teman saya. Untuk pesanan saya Iced Greentea latte, saya bisa bilang minuman ini recommended bagi kamu penikmat teh hijau dengan rasa manis. Karena rasa teh hijau menyatu dengan rasa manis yang pas dalam minuman ini. Sedangkan menurut teman saya yang memesan Iced Red Velvet, minuman ini terasa pahit kopi diawal, kemudian menyatu dengan rasa manis dari red velvet. Untuk Ice Chocolate Mint, menurut teman saya rasanya manis berpadu dengan rasa mint yang dingin. Untuk Ice Cream Cookies, tentu saja sesuai dengan namanya rasa minuman ini adalah manis dari cream berpadu dengan rasa cookies. Minuman-minuman tadi cocok buat kamu yang belum terlalu bisa menerima rasa pahit kopi namun tetap ingin nongkrong di coffee shop. 

Affogato
Sumber : Dokumen Pribadi
Sekarang beranjak ke rasa minuman pesanan teman saya yang berbasis kopi. Mulai dari Es Kopi Maling Susu yang menjadi andalan dan best seller di coffee shop ini. Seperti namanya yang unik, kopi ini juga punya rasa yang unik. Kopi dan susu dalam minuman ini terasa pas di lidah. Tidak terlalu manis, dan juga tenang saja, tidak terlalu pahit, rasa susu dalam dalam es kopi ini cocok sekali untuk kamu yang ingin minum kopi namun tidak terlalu terbiasa dengan rasa pahit kopi seperti espresso. Berlanjut ke minuman selanjutnya, Coffee Latte. Saat pertama kali disajikan, kopi pesanan teman saya ini terasa pahit, tapi jangan khawatir, kamu bisa menambahkan gula sesuai rasa manis yang kamu inginkan. Kamu bisa mengambil gula cair yang dalam botol kaca yang diletakkan di meja barista. Selain gula cair, disediakan juga brown sugar. Kamu bisa memilih sendiri sesuai selera. Dan minuman terakhir yang kami pesan yaitu Affogatto. Minuman ini cukup spesial dan unik menurut saya dari segi tampilan dan rasa. Saat disajikan pertama kali di meja kami, minuman ini cukup menarik perhatian saya dan teman-teman. Disediakan satu gelas yang berisi dua scoop ice cream yang manis dan oreo sebagai toping dengan garnish daun mint yang mempercantik tampilan, dan satu sloki espresso. Jika kamu meminumnya secara terpisah rasa dua item ini akan terasa berlawanan. Es krim yang manis dan espresso yang tentunya terasa sangat pahit (jujur saya sendiri tidak terbiasa dengan rasa pahit espresso). Namun ketika kamu mencampur espresso ke dalam gelas es krim, kamu akan merasakan paduan rasa manis dan pahit yang unik. Rasa espresso dalam minuman ini masih cukup terasa, bagi kamu yang tidak terbiasa dengan rasanya, saran saya sebagai orang yang awam di dunia kopi, kamu bisa menambahkan gula cair, atau tidak menuang satu sloki penuh espresso ke dalam gelas ice cream kamu, cukup sebagian saja, sesuai dengan rasa yang bisa kamu tolerir.

Large Chocolate Croissant dan Hot Coffee Latte
Sumber : Dokumen Pribadi






Terakhir untuk rasa Chocolate Croissant. Seperti pastry pada umumnya, Croissant memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Namun pesanan saya kali ini agak sedikit berbeda karena terdapat isian coklat yang lembut dan manis didalamnya. Sangat cocok sebagai pendamping minum kopi. Anak Panah Kopi merupakan salah satu coffee shop recommended di Kota Semarang, letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat tempat ini juga mudah ditemukan. Untuk tempat dan menunya juga cocok untuk kamu yang memang penikmat kopi ataupun kamu yang masih awam di dunia kopi seperti saya dan teman-teman. Suasana tempatnya cocok untuk kamu yang ingin menikmati kopi sendirian atau bersama orang-orang terkasih. Atau justru kamu yang ingin nongkrong cantik bersama teman-teman. Untuk kamu yang ingin ngopi sambil mengerjakan tugas atau bekerja, tempat ini juga cocok readers, karena Anak Panah Kopi menyediakan free wifi untuk pelanggannya.

Well, readers. Sekian untuk ulasan kali ini. Review saya ini berorientasi dari selera saya dan teman-teman ya readers, untuk masalah suka atau tidaknya, kamu bisa langsung mencoba sendiri dengan orientasi rasa kamu ya, karena orientasi rasa setiap orang berbeda-beda. Terimakasih untuk para pembaca, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi kamu ya.



Nel's

Komentar

Postingan Populer